Social Icons

Linux Indonesia

BlankOn Distro GNU/Linux Asli Indonesia

Dulu sekali, di masa saya baru mengenal Linux saya mencobai distro BlankOn Linux. Waktu itu BlankOn masih menggunakan Fedora sebagai sumber. Saya memesannya dari salah satu toko linux di Bali, kebetulan saya juga masih awam soal internet, kalaupun ngerti, saya tidak punya koneksi untuk mendownload iso-nya.
Saat mencobanya di PC pertama yang saya miliki, PC jadul dengan processor VIA Cyrix, saya disuguhkan tampilan hitam alias Blank, meskipun telah dicoba berkali-kali. Saya pikir, CD instalasinya rusak. Akhirnya saya minta yang baru, coba lagi …. tetap blank.
Tentu saja itu dulu, semasa masih Blank. Sekarang sudah On, sudah cantik dan mendunia. Inilah kisah, distro GNU/Linux asli Indonesia.
website blankon
website blankon
BlankOn adalah distribusi Linux yang dikembangkan oleh Yayasan Penggerak Linux Indonesia (YPLI) dan Tim Pengembang BlankOn. Distribusi ini dirancang sesuai dengan kebutuhan pengguna komputer umum di Indonesia.
Linux BlankOn dikembangkan secara terbuka dan bersama-sama untuk menghasilkan distro Linux khas Indonesia, khususnya untuk dunia pendidikan, perkantoran dan pemerintahan.
Rilis stabil terakhir saat tulisan ini ditulis adalah BlankOn 8.0 codename Rote. BlankOn 8 Rote berbasis Debian GNU/Linux.
Tampilan Fitur BlankOn 8 Rote


Mengunduh BlankOn Linux

Distro BlankOn Linux dapat di unduh pada tautan berikut
Repository Utama: http://cdimage.blankonlinux.or.id/blankon/rilis/8.0/
Atau mirror-mirror BlankOn di bawah ini:

Dukungan BlankOn Linux

BlankOn menyediakan milis untuk mendapatkan dukungan teknis baik dari komunitas maupun langsung dari pengembang BlankOn. Anda dapat menanyakan permasalahan yang Anda jumpai saat menggunakan BlankOn ataupun sekedar bertanya sebelum memutuskan untuk pindah ke BlankOn.

Proyek BlankOn

Linux BlankOn merupakan bagian dari gerakan Proyek BlankOn yang memiliki cakupan yang lebih luas lagi.
Proyek BlankOn bertujuan untuk mengembangkan ekosistem baru dalam konteks perangkat lunak bebas dan terbuka. Pengembangan dilakukan dengan cara meningkatkan kecakapan sumber daya lokal sehingga mampu dan kompeten di dalam pengembangan perangkat lunak bebas dan terbuka, mulai dari yang teknis seperti pengembangan aplikasi dan distribusi Linux, hingga hal-hal non-teknis seperti kepemimpinan dan kemampuan membangun komunitas hingga solusi komersial berbasis BlankOn.
Proyek BlankOn diluncurkan sejak tahun 2004 oleh Yayasan Penggerak Linux Indonesia. Proyek ini ingin menggandeng semua pihak yang membutuhkan kompetensi BlankOn, yang ingin meningkatkan kecakapan dalam bidang teknis dan non teknis, maupun yang ingin menyelenggarakan bisnis berbasis BlankOn.
Proyek BlankOn memiliki beragam kegiatan yang dilakukan secara gabungan maupun secara kelompok dalam lingkup komunitas lokal. Kegiatan yang dilakukan biasanya bersifat teknis, di antaranya:
Kegiatan-kegiatan tersebut diharapkan dapat meningkatkan daya saing sumber daya manusia Indonesia dalam konteks perangkat lunak bebas dan terbuka.

Bergabung Dengan Komunitas BlankOn Linux

Anda berminat turut mengembangkan BlankOn namun masih ragu? Jangan khawatir, jika Anda memiliki:
  • Kemauan yang kuat
  • Kekonsistenan yang mantap
  • Koneksi internet teratur
maka Anda sudah lebih dari cukup untuk mampu bergabung. Di sini, kemampuan teknis dapat diasah, sehingga tidak dijadikan persyaratan mutlak. Informasi lebih lanjut bisa di baca di tautan ini.